Sunday, November 18, 2012

Pesan-Pesan Leluhur Bugis-Makassar…


Pesan-Pesan Leluhur Bugis-Makassar…
Oleh : Raniansyah
Menjadi masyarakat bugis-Makassar, ada sejumlah falsafah dan pesan-pesan leluhur yang sangat fenomenal di era serba modern sekarang. Betapa tidak….falsafah yang telah berumur ratusan tahun ini masih bertahan sampai sekarang dan sepatutnya orang Bugis-Makassar yang umumnya terdapat di Sulawesi-Selatan dapat mengamalkan hal tersebut dalam kehidupan sehari hari….
Berikut saya mencoba sharing tentang beberapa falsafah yang sangat di junjung tinggi oleh Masyarakat Bugis-Makassar.
       1.   3S (Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi’)
ü  Sipakatau, yaitu melakukan perbuatan/bersifat memanusiakan manusia, artinya tidak bertindak semena-mena terhadap sesama.
ü  Sipakainge, yaitu saling mengingatkan dalam kata dan perbuatan, artinya senantiasa saling menasehati.
ü  Sipakalebbi, yaitu saling menghormati dan menghargai antar sesama, senantiasa saling bertoleransi dan tidak membeda-bedakan.

         2.  Siri Na Pacce
    Siri Na Pacce, prinsip yang sangat mengutamakan harga diri/malu, prinsip ini  mengisyaratkan bahwa lebih baik mati berkalang tanah dengan kehormatan daripada   hidup menanggung malu. Prinsip seperti inilah yang senantiasa menjaga kewibawaan dan kehormatan orang Bugis-Makassar.

        3.  Kualleangngi Tallanga Na Towaliya
Falsafah ini merupakan falsafah yang diterapkan salah satu falsafah popular di sul-sel terutama digunakan oleh para nelayan, prinsip seperti ini seharusnya diterapkan semua orang karena mengandung makna pantang putus asa dan menyerah sebelum meraih yang mereka inginkan.

        4.  Rewako atau Ewako
Kata diatas sering terdengar dari bibir orang Bugis-Makassar, maksudnya adalah senantiasa menjadi sosok ‘Towarani’ (Pemberani) yang sesungguhnya benar-benar pemberani, maksudnya berani membela kebenaran walau jiwa-raga taruhannya.
Falasafah dan pesan-pesan diatas mengandung makna yang sangat sarat sehingga setiap orang mampu memberikan penilaian positif tentang falsafah diatas, beberapa diantaranya merupakan bagian dari naskah La Galigo, yang tentunya mengandung pesan-pesan leluhur kita. Jika dibandingkan dan dikaitkan dengan sekarang, nilai-nilai Pancasila ada dalam falsafah dan pesan-pesan diatas. Dan jika dikaitkan dengan agama maka saya kira semua agama menganjurkan hal diatas,….:)
Sekian dulu sharing kali ini J, semoga kita termasuk yang memegang teguh falsafah tersebut J
Pangkep, 19 November 2012
Comments
0 Comments

0 comments: