Wednesday, September 12, 2012

Biodata Tokoh


ASDAR MUIS RMS,



Lahir di Pangkep, 13 Agustus 1963, putra ketiga dari enam bersaudara dari pasangan Abdul Muis Ali-Siti Rachmatiah Muis Sanusi. Dikenal sebagai esais. Tulisannya pernah aktif dimuat setiap pekan di Pedoman Rakyat berupa kolom dan juga di Harian Fajar dalam rubrik Manusia-Manusia dan kemudian Genta. Bila menulis karya sastra, Suami Herlina ini Kerap memakai berbagai nama samaran, antara lain : Linaku Nunung Rosita.

   Sejak awal tahun 1984, ia menambahkan RMS pada namanya yang dia comot dari Rachmatiah Muis Sanusi. Sehari-hari sebagai direktur Berita Radio Suara Celebes (FM 90,9 Mhz) dan staf pengajar Universitas Fajar Makassar. Menulis buku antara lain Sepatu Tuhan (2003), Novel Eksekusi Menjelang Subuh (2009) dan Tuhan Masih Pidato (2011) . Magister Sosiologi Universitas Hasanuddin (2009) ini, terlibat pula dalam penulisan beberapa buku yang terbit di Jakarta dan Makassar.
Di Dunia Jurnalistik, ia pernah menjadi pemimpin redaksi Tabloid Harian Suaka Metro Jakarta, Redpel Manado Post, Redpel Tabloid Anak Wanita Gita Jakarta. Redaktur Harian Berita Yudha, bekerja di Harian Fajar, Koresponden MBM Tempo , Kepala Biro Harian Nusa-Bali di Jakarta. Direktur Pemberitaan Harian Pedoman Rakyat, dan beberapa media lainnya di Sulawesi dan Kalimantan.. ia dikenal sebagai seniman dan mendirikan komunitas teater bernama Komunitas Sapi Berbunyi. Jebolan Akademi Seni Drama dan Film Indonesia) Yogyakarta dan Alumnus Fisipol Unhas ini kerap terdengar suaranya lewat kolom udara yang berisi kritik social dan politik. Bila ditanya apa pekerjaannya, ia menjawab secara serius. Berfikir*

Sumber = Biodata Penulis/  
”Tuhan Masih Pidato”/Asdar Muis RMS
Comments
0 Comments

0 comments: